7.17.2012

Danau diatas Laut


Subhanallah ^^
Ada yang unik di Indonesia, tepatnya di pedalaman provinsi Kalimantan Timur sana di Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau (waaaah. . . jadi inget, kalo punya senior di kampus berasal dari kabupaten ini) . Terdapat Danau Labuan Cermin. Apa yang unik dari danau ini, naaahh Danau ini unik karena memiliki laut dibawahnya!!
 
Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Indonesia
Menurut sumber yang qu baca, danau ini memiliki laut didalamnya, yaitu aliran air asin di bagian bawah danau. Bagian atas Danau Labuan Cermin berisi air tawar seperti danau pada umumnya. Namun beberapa meter di bawahnya terdapat aliran air asin. Anehnya, kedua jenis air ini tidak tercampur. Secara kasat mata dapat dilihat bahwa air laut dan air tawar dipisahkan oleh lapisan serupa awan.

Belum ada yang melakukan penelitian di daerah ini apalagi mengenai fenomena danau diatas laut, sehingga terbentuknya fenomena ini masih menjadi misteri.

Menyelami Danau Labuan Cermin

Lapisan keruh berwarna putih itu diduga hasil pembusukan organisme dasar labuhan yang terperangkap dan tak bisa pergi. Dua jenis air di danau ini juga menghadirkan organisme dari dua dunia. Ikan air tawar hidup di permukaan, sedangkan ikan air laut bisa ditemukan di dasar danau.
 
"Para" organisme Danau Labuan Cermin

Untuk mencapai danau ini, diperlukan waktu sekitar 20-24 jam perjalanan darat dari Samarinda, atau melalui jalur udara dari Bandara Sepinggan Balikpapan menuju Bandara Tanjung Redeb, lalu dilanjutkan 6 jam perjalanan darat. Seperti kata pepatah, 'bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian', diperlukan pengorbanan yang luar biasa untuk mencicipi keindahan harta karun Danau Labuan Cermin.

Sebelum mencapai Danau Labuan Cermin, harus trekking terlebih dahulu menelusuri hutan selama 30-45 menit. Hutan yang sangat liar dan menantang. Pepohonan yang rimbun dan satwa-satwa liar akan dijumpai. Seperti monyet, babi hutan, burung, owa-owa dan beruang madu.

Hutan sekitar Danau Labuan Cermin
Keindahan biota lautnya jangan dipertanyakan. Seperti dijelaskan sebelumnya, terdapat organisme air tawar dan organisme air asin. Tumbuh-tumbuhan air, ikan-ikan yang cantik dan batu-batuan alami di dalam air membuat seolah berada di mimpi. Tempat yang sangat menyejukan!!!!! (kapan y . . . . kesini??? ^^)

Pemandangan nan indah Harta Karun Kalimantan Timur
Di sekitar danau belum terdapat resort-resort yang mewah, hanya terdapat perumahan penduduk. Selain itu, hanya terdapat beberapa warung makan di sekitar danau. Danau Labuan Cermin memang belum dikenal oleh wisatawan, namun keindahannya seolah menjadi harta karun yang tersembunyi di Kalimantan Timur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar