8.02.2012

KUALITAS PENDIDIKAN SISWA SISWI INDONESIA MASA KINI


KUALITAS PENDIDIKAN SISWA SISWI INDONESIA MASA KINI

            Menurut sumber yang saya baca ada 2 faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan,, khususnya di Indonesia yaitu Internal dan Eksternal. Faktor Internal, Meliputi jajaran dunia pendidikan baik itu Departement Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan dan juga Sekolah yang berada di garis depan. Dalam hal ini interfensi dari pihak-pihak yang terkait sangatlah dibutuhkan agar pendidikan senantiasa selalu terjaga dengan baik. Faktor Eksternal, Adalah masyarakat pada umunya. Dimana, masyarakat merupakan ikon dan merupakan tujuan dari pendidikan, atau kata lain sebagai objek pendidikan (Anonim, 2008).
            Pendidikan sekolah banyak dipengaruhi oleh guru-guru yang mengajar kita 3 tahun, maka dari pelajaran-pelajaran itulah kita bisa belajar menghadapi hidup di luar sekolah. Namun apa yang saya lihat di adik saya sangatlah berbeda dengan masa saya sekolah dahulu. Anak sekolah masa kini cenderung lebih terpaku pada kemajuan teknologi yang disuguhkan secara global sehingga membuat mereka sedikit melupakan kewajiban sebagai siswa pendidikan yang bermoral dan berakhlak (bukan berarti tidak bermoral dan berakhlak). Harusnya mereka lebih bisa memanfaatkan kemajuan teknologi bukan hanya untuk kebutuhan pribadi saja tapi juga memajukan kualitas pendidikan mereka. Banyak siswa yang lebih mementingkan penampilan luar daripada kepintaran atau keahlian, banyak juga siswa yang memilih mengenal rokok ataupun narkotika lebih awal dibandingkan belajar untuk ujian harian. Secara umum saya melihat anak-anak sekolah jaman sekarang sangat kurang memiliki nilai bila dibandingkan anak-anak sekolah jaman saya atau kakak saya.
            Sekolah merupakan tempat belajar mengajar itu pengertian awal namun banyak sekolah yang tidak menjalankan visi misi yang sudah dimiliki. Misalnya saja masih banyak anak yang suka datang terlambat tiap harinya karena pihak sekolah yang kurang disiplin terhadap siswa sehingga mereka tidak jera untuk mengulanginya atau banyak anak sekolah yang tertangkap basah membawa narkotika atau menyimpan video porno di HP saat penggeledahan di sekolah oleh pihak kepolisian. Hal ini sebenarnya harus menjadi tugas sekolah mendidik siswa siswinya menjadi lebih baik tidak hanya dalam pelajaran tetapi juga dalam tingkah laku. Menurut saya bukan hanya salah sekolah untuk menjadi tempat belajar siswa siswi menjadi pribadi yang lebih baik namun di rumah ataupun lingkungan tempat tinggalnya, haruslah bisa menjadi tempat belajar bagi para pelajar. Di rumah, peran orang tua dan keluarga sangatlah penting dalam membentuk akhlak seorang anak dan di lingkungan tempat tinggal bisa memberikan pendidikan moral agar anak bisa memiliki rasa sosial yang tinggi untuk anak. Jadi tidak melulu harus sekolah yang dibebankan sebagai tempat belajar.
            Indonesia belum memiliki sarana pendidikan yang bagus secara global, namun bukan berarti harus diam disini saja, sudah banyak program sekolah-sekolah yang didirikan untuk meningkatkan pendidikan anak. Hal itu harus ditingkatkan lagi dan lagi agar kemajuan dan harapan kita dalam memajukan pendidikan dapat terwujud. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang terlahir tidak hanya dengan melihat dan mendengar namun juga harus dirasakan dan diaplikasikan dengan baik. Suatu Negara yang baik adalah Negara yang memiliki rakyat dengan pendidikan yang baik pula.


DAFTAR PUSTAKA
Anonim, 2008. Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pendidikan. http://agent-riedha.blogspot.com/2008/05/faktor-yang-mempengaruhi-kualitas.html [serial online diakses tanggal 18 Juni 2012].

1 komentar: